Tuesday, October 12, 2010

tugas dasar pemasaran

Nama                    :  Herman Fuady Siregar
NPM                      : 23210266                                                                                                                                                                                             
Kelas                     : 1EB13
MK                         : Dasar Pemasaran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Penulisan makalah ini adalah sebagai tugas pertama dari mata kuliah Dasar Pemasaran di semester 1. Adapun isi dari makalah ini adalah mengenai materi awal dari Dasar Pemasaran yang di jadikan sebagai pembelajaran secara individu bagi mahasiswa sebelum pembelajaran di kelas di lakukan secara formal ataupun secara intensif.
Sehingga pada saat perkuliahan di lakukan mahasiswa sudah mempunyai materi sebagai awal pembelajaran di samping sudah mempunyai buku Dasar Pemasaran.

1.2  Tujuan

Tujuan utama dari penulisan makalah ini adalah di mana mahasiswa mengetahui tentang materi awal peekuliahan Dasar Pemasaran yang terdiri dari Pengertian dan Konsep Pemasaran. Di dalam makalah ini materi yang di bahas adalah pengertian pasar dan Pemasaran













BAB II
ISI
A.     Pengertian Pasar
Pasar Apa yang akan dijumpai di pasar? Kegiatan apa saja yang dilakukan pedagang di sana? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul di benak kita setiap kali akan mengunjungi suatu pasar. Di pasar, kita akan menjumpai banyak penjual yang menawarkan berbagai macam barang, baik hasil pertanian, maupun hasil industri. Selain itu, kita akan banyak menjumpai orang dengan tujuan berbelanja yang berbeda pula. Dari hanya untuk memenuhi kebutuhannya (mengkonsumsi), untuk dijual kembali (distribusi) sampai untuk diolah kembali kemudian dijual (produksi). Selanjutnya, di antar pembeli dan penjual tersebu sering kali terjadi tawar menawar yang diakhiri dengan transaksi jual beli.
Secara sederhana, definisi pasar selalu dibatasi oleh anggapan yang menyatakan antara pembeli dan pejual harus bertemu secara langsung untuk mengadakan interaksi jual beli. Namun, pengertian tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena seiring kemajuan teknologi, internet, atau malah hanya dengan surat. Pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, mereka dapat saja berada di tempat yang berbeda atau berjauhan. Artinya, dalam proses pembentukan pasar, hanya dibutuhkan adanya penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan serta adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Secara umum, pengertian pasar adalah :
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pada umumnya, tujuan dari konsumen pribadi adalah pemenuhan dan kepuasan kebutuhan dab keinginannya. Sedang tujuan pasar organisasi perusahaan adalah mencari keuntungan atau yan lain. Pasar mempunyai kapasitas pertukaran ( daya beli ) untuk bisa memperoleh barang yang diminta. Daya beli adalah kemampuan pasar untuk mendapatkan barang yang diperlukan. Daya beli dapat berwujud penguasaan uang, barang yang bernilai untuk di tukarkan, ataupun kepercayaan orang lain bahwa mereka mampu membayar.



Jenis – jenis pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata ( abstrak ).
·         Pasar Nyata ( Konkret )
Pasar Konkret adalah pasar yang lokasinya dapat dilihat dengan kasat mata. Misalnya ada los-los, toko-toko, dll. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan mudah dibedakan.

·         Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar di mana para pedagangya tidak menawar barang – barangn yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online , pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Pasar Menurut Jenisnya
·         Pasar Konsumsi
Pasar konsumsi menjual barang – barang untuk keperluan konsumsi. Misalya menjual beras, sandal, lukisan, dll. Contohnya adalah Pasar Mergan di Malang, Pasar Kramat Jati, dll.
·         Pasar Faktor Produksi
Pasar Faktor Produksi menjual barang – barang untuk keperluan produksi. Misalnya menjual mesin – mesin untuk memproduksi, lahan untuk pabrik, dll.

Pasar Menurut Luas Jangkauan
·         Pasar Daerah
Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bias juga dikatakan pasar daerah melayani perintaan dan penawaran dalam satu daerah


·         Pasar Lokal
Pasar Lokal layak gaber membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bias juga dikatakan pasar local melayani permitaan dan penawaran dalam satu kota
·         Pasar Nasional
Pasar nasional membeli dan menjual produk dalam satu Negara tempat produk itu dihasilkan. Bias juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri
·         Pasar Internasional
Pasar Internasional membelidan menjual produk dari beberapa Negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.
Jenis Pasar menurut Transaksinya

·         Pasar Tradisional
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar – menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios – kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuak oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
·         Pasar Modern
Pasar modern tidak hanya berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanan dilakukan secara mandiri(swalayan) atau dilayanioleh pramuniaga.

B.   Pemasaran


Pemasaran ( Inggris : Marketing ) adalah proses penyusunan komuikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran di mulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginsnnys yaitu misalnya segelas air merek aqua yang bersih dan mudah di bawa. Maka manusia ini memilih aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah di bawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
·         Product (produk)
·         Price (harga)
·         Place(tempat, termasuk juga distribusi)
·         Promotion(promosi)

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (orang), Physical Evidence (bukti fisik), Process ( proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya juga menawarkan teori P yaitu Purple Cow.¹

Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan dari pada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan ayau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran). Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaandimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “ Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”² sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Pemasaran menurut W.Y.Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh system yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bias memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial.³
Tujuan pemasaran yaitu :
1.       Konsumen  potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasulkan.
2.       Perusahaan dapat  menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3.       Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor – faktor sebagai berikut
1.       Faktor Mikro : perantara pemasaran, pemasok , pesaing dan masyarakat
2.       Faktor Makro : demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan social/budaya.
Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk pemsaran :
Dari sudut pandang penjual
1.       Tempat yang strategis (place)
2.       Produk yang bermutu (product)
3.       Harga yang kompetitif (price) dan
4.       Promosi yang gencar (promotion)

Dari sudut pandang konsumen :
2.       Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants)
3.       Biaya konsumen (cost to the customer)
4.       Kenyamanan (convenience) dan
5.       Komunikasi (comunication)
Kesimpulan
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi focus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adaya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen ( tidak hanya di bagian pemasaran saja ), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Referensi
1.      ¹ Seth Godin : purple cow, website resmi
2.      ² William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga, Jakarta, 1991
3.      http://www.midas-solusi.com/knowledge-space,en,detail,33,strategi-pemasaran

No comments:

Post a Comment